ALUR TELUK SIWAK

Teluk Siwak adalah nama suatu tempat di hulu Sungai Barito,sudah masuk wilayah Kalimantan Tengah.
Tepatnya di hilir desa Tumpung Laung.
Saya tidak tahu asal usul sampai dinamakan Teluk Siwak,tapi begitulah sebutan yang diberikan oleh pelaut yang sering lewat disini.

Sungainnya memang melebar begitu lewat dari desa Tumpung Laung ke hilir dan membentuk seperti teluk tapi dangkal dan berpasir sehingga tidak bisa sembarang tempat yang bisa dilalui kapal.
Salah sedikit dari alur bisa langsung kandas.
Pada saat kemarau tempat ini tidak bisa di lewati kapal karena kedalaman airnya hamya sekitar 2 meter bahkan kurang.

Waktu air besar pun tidak boleh juga melenceng dari alur,tongkang bisa kandas.
Tidak sedikit tongkang yang sudah pernah merasakan kandas di tempat ini.
Bahkan ada tongkang yang masih baru sampai melengkung hampir patah karena kandas di sini.

Untuk alur berlayar,tiap kapal juga tidak punya pedoman yang sama.
Masing - masing punya patokan sendiri berdasarkan pengalaman saat melintas,dimana tempat yang dalam dan yang dangkal berbeda untuk tiap orang.

Saya kalau melewati Teluk Siwak,punya patokan sendiri juga.
Kalau siang kita bisa memperhitungkan tempat untuk patokan haluan dan saat belok pada tanda - tanda di darat seperti pohon.

Selain itu saya juga sudah simpan waypoint yang saya rasa aman untuk dilalui meskipun pada saat itu sudah ada tongkang lain yang kandas.
Waypoint untuk turun dari hulu ke hilir yang saya pakai adalah seperti di bawah ini :
1. 01° 20,153' S / 114° 51,867' E
2. 01° 20,461' S / 114° 52,784' E

No comments:

Post a Comment