KM SINAR KUDUS DI ROMPAK BAJAK LAUT SOMALIA

Kapal barang asal Indonesia di rompak bajak laut Somalia.
Itulah berita yang sedang ramai menjadi topik pembicaraan akhir - akhir ini.
Kapal kargo KM Sinar Kudus yang mengangkut nikel ini berangkat dari Pomalaa,Sulawesi selatan tanggal 16 Maret 2011.
Pelabuhan tujuan adalah Rotterdam,Belanda namun sebelum sampai tujuan kapal diserang dan di rompak bajak laut.

Gerombolan bajak laut bersenjata  menyerang dan menyadera kapal sejak tanggal 16 Maret 2011 dan saat ini kapal sudah di giring ke wilayah Somalia.
Sampai saat ini kapal beserta 31 abk,dimana 20 abk asal Indonesia di sandera para perompak dan mereka mengajukan tuntutan uang tebusan untuk membebaskannya.

Sudah sebulan lamanya mereka dalam cengkeraman para lanum,tapi tanda - tanda untuk segera bebas masih jauh dari harapan.
Diantara kru kapal sudah ada yang terserang penyakit disebabkan persediaan obat - obatan dan makanan di kapal sudah menipis serta air tawar yang juga sudah hampir habis.

Pihak perusahaan kapal sendiri sudah berupaya untuk bernegosiasi dengan perompak mengenai besaran uang tebusan serta cara pembayaran.
Di khawatirkan jangan sampai uang tebusan malah jatuh ke pihak yang salah atau uang tebusan sudah diberikan tapi kapal dan kru malah tidak di lepaskan.

Pemerintah Indonesia juga sudah berupaya membantu dengan menghubungi pihak pemerintah negara Somalia.
Oleh pemerintah Somalia di persilahkan jika kita hendak menggelar operasi militer untuk menumpas para bajak laut.

Apapun pilihan yang akan di lakukan harapan kita hanya satu, yaitu keselamatan warga negara yang menjadi kru di kapal tersebut.

No comments:

Post a Comment