Logo aplikasi Catfiz, buatan Indonesia |
Anda pecinta ikan Lele? Suka makan ikan Lele?
Ikan lele yang akan kita bahas kali ini adalah jenis Lele spesial yang cuma ada di Indonesia.
Namanya adalah Catfiz, tentu baru tahu kan....!!
Itu adalah nama keren dari Catfish atau ikan Lele itu sendiri.
Catfiz adalah layanan pesan instan asli buatan Indonesia.
Memang belum seheboh instant messaging lain yang sudah duluan exist, tetapi nilai tambah dari Catfiz adalah produk dalam negeri.
Setidaknya itu menurut pendapat saya entah dengan anda, apalagi yang sudah terlanjur cinta mati dengan instant messaging tertentu dan pula terikat dengan brand tersebut.
Berbicara mengenai instan messaging, mungkin sebagian orang menganggap layanan BBM dari Blackberry adalah penguasanya.
Tetapi jika merujuk pada data yang saya baca pada rilis Tempo 13 Juni 2013, justru BBM adalah layanan pesan instan dengan jumlah user yang paling buncit, hanya 60 juta user.
Masih lebih banyak pengguna Kakao Talk yaitu 90 juta, selanjutnya adalah Line dengan 160 juta user.
Sedangkan WhatsApp dengan 200 juta user, terpaut 100 juta dengan WeChat dipuncak singgasana dengan 300 juta user.
Tetapi sudahlah bukan itu yang mau kita bahas. seperti di awal tulisan bahwa fokus kita adalah membahas Catfiz.
Sebagai produk dalam negeri kita perlu membesarkannya. Mungkin kedengarannya terlalu muluk atau naif.
Tetapi tidak ada salahnya untuk bermimpi bahwa suatu saat Catfiz bisa berada dibarisan terdepan layanan pesan instan. Itu bukan hal yang mustahil jika kita bersatu untuk mewujudkannya.
Kita tidak usah takut meingimpikan hal itu. Kelemahan kita yang mendasar adalah terlalu polos sehingga untuk bermimpi pun kita takut.
Dengan jumlah penduduk yang terbesar di asia, kita hanya dijadikan lahan untuk pasar oleh merek-merek ternama tanpa ada sesuatu yang betul-betul berarti untuk kita dapatkan sebagai imbal baliknya.
Sebagai produk dalam negeri kita perlu membesarkannya. Mungkin kedengarannya terlalu muluk atau naif.
Tetapi tidak ada salahnya untuk bermimpi bahwa suatu saat Catfiz bisa berada dibarisan terdepan layanan pesan instan. Itu bukan hal yang mustahil jika kita bersatu untuk mewujudkannya.
Kita tidak usah takut meingimpikan hal itu. Kelemahan kita yang mendasar adalah terlalu polos sehingga untuk bermimpi pun kita takut.
Dengan jumlah penduduk yang terbesar di asia, kita hanya dijadikan lahan untuk pasar oleh merek-merek ternama tanpa ada sesuatu yang betul-betul berarti untuk kita dapatkan sebagai imbal baliknya.
Catatan:
Ini adalah draft postingan saya yang terkahir kali diakses pada tanggal 7 Oktober 2013.
Saya posting saja sesuai aslinya pada saat itu.
Saya juga pernah menggunakan aplikasi perpesanan ini, tetapi yaaah begiti saja. Tidak ada teman-teman yang banyak menggunakan. Jadi lama-lama tidak terpakai.
Dan sekarang sudah tidak ada lagi aplikasinya di playstore.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar